PowerPoin

| |
PowerPoin PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Monday, 08 September 2008
  
1.      MENJALANKAN POWERPOINT
Untuk menjalankan program PowerPoint,
ada 2 cara :
a.        Dengan menggunakan Shortcut apabila sudah tersedia. Dengan klik pada Shortcut tersebut.
b.        Dengan menggunakan Start Menu, Pilih Program lalu pilih PowerPoint.Setelah kita menjalankan programnya maka akan muncul :
Ø       AutoContent Wizard      :   disediakan untuk membimbing langkah demi langkah, kita tinggal memilih jenis presentasi yang akan dibuat. (strategi, penjualan, pelatihan, pelaporan, penyampaian berita buruk dll)
Ø       Design Template :           menyediakan skema warna dan desain secara umum dan memungkinkan Anda memlih jenis gambar yang paling sesuai dengan informasi yang ingin Anda sampaikan.
Ø       Blank Presentation          :   memberikan desain perkiraan yang akan dibuat Anda harus bekerja sendiri untuk menyediakan isi masing-masing slide.
Ø       Open an existing             :   untuk membuka file yang telah dibuat.  
2.       MENYIMPAN FILE
Untuk menyimpan file yg telah dibuat, seperti menyimpan pada program-program lain seperti: Ms. Word, Ms. Excel. Yaitu dengan cara :
  • a.        Klik Menu File, lalu pilih Save  atau klik langsung Save  pada toolbar standard
  • b.        Setelah itu pilih Drive / tempat yang akan kita pakai untuk menyimpan file
  • c.        Lalu tulis nama file yang dikehendaki
  • d.        Akhiri dengan OK. 
3.      MEMBUKA FILE
Untuk membuka file yang telah dibuat, pilih Open an existing presentation, atau klik menu File lalu pilih  Open  atau klik langsung Open  pada toolbar standard lalu cari letak file yang akan dibuka akhiri dengan OK 
4.      MEMBUAT PRESENTASI DENGAN WIZARD
Ada 2 cara untuk membuat memulai AutoContent Wizard :
a.        Jika Anda baru saja memulai PowerPoint dan kotak dialog seperti di layar (Gambar 1) klik AutoContent Wizard dan klik OK.
b.        Jika Anda telah menutup kotak dialog, pilih menu File, New dan klik tab General. Klik 2X ikon AutoContent Wizard; maka AutoContent Wizard akan dimulai.Maka akan muncul Gambar 2: 
Sekarang Anda telah memulai AutoContent Wizard, berikut langkah-langkah untuk membuat sebuah presentasi :
1.        Klik Next untuk memulai
2.        Pada kotak dialog berikutnya (Gambar 3)  pilih jenis presentasi yang ingin Anda buat. Klik sebuah tombol katagori untuk menampilkan jenis presentasi untuk katagori tersebut. Pilih satu jenis presentasi dari daftar, dan klik Next.
3.        Pada layar berikutnya muncul style yang akan dipakai (Gambar 4). Pilih salah satu pilihan output yang dikehendaki. Lalu klik Next.
4.        Maka akan muncul Option (Gambar 5), lalu kita beri Judul Presentasi yang diinginkan, Footer dll, lalu klik Next.
5.         Lalu Klik Finish untuk mengakhiri. Maka akan muncul Gambar 7.     
5.      MEMBUAT PRESENTASI DENGAN TEMPLATELangkah-langkahnya adalah :
a.        Pilih Menu File, New, kotak dialog akan tampil
b.        Jika Anda ingin menggunakan template Design, klik tab Design Template. Jika Anda ingin menggunakan template Presentation, klik tab Presentation.
c.        Pilih Template yang diinginkan lalu klik OK.
d.        Jika Anda memilih template Presentation Anda dapat mulai mengedit slide, seperti yang Anda lakukan dengan AutoContent wizard. Jika Anda memilih template Design, Anda akan melihat kotak dialog New Slide (lihat Gambar 8). Klik AutoLayout yang ingin Anda gunakan dan Klik OK.
6.      MEMBUAT PRESENTASI DENGAN BLANK PRESENTATION
Langkah-langkahnya :
a.        Buka Menu File, pilih New.
b.        Jika diperlukan, klik tab General untuk membukanya.
c.        Klik dua kali ikon Blank Presentation
d.        Pilihlah salah satu opsi AutoLayout dan Klik

OK. 7.      MENGEDIT TEKS
Anda  dapat mengedit teks slide dalam tampilan Normal; Outline dan Slide. Anda dapat mengedit catatan pembicaraan dalam tampilan Notes Page dan Normal. Untuk mengedit teks slide, klik untuk memindahkan titik sisip ke tempat yang Anda inginkan dan kemudian ketik teks Anda. Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter disebelah kanan titik sisip, atau tekan tombol Backspace untuk menghapus karakter di sebelah kiri.(untuk mengedit hampir sama seperti kita mengedit naskah pada Ms. Word) 
8.      MENYISIPKAN GAMBAR
Untuk menyisipkan / menambah gambar, langkahnya seperti pada Ms. Word. Yaitu dengan menggunakan Insert Picture ClipArt untuk menyisipkan gambar yang sudah disediakan oleh Microsoft, atau pilih Insert Picture From File untuk menyisipkan gambar milik kita sendiri contoh Foto, Logo dll. 
9.      MENGGANTI DESIGN
Apabila kita sudah membuat naskah di slide-slide dan kita menginginkan mengganti Design / gambar background yang sesuai dengan yang kita inginkan, maka langkahnya adalah :
a.        Pilih menu Format, lalu klik Apply Design Template.
b.        Maka akan muncul Gambar 9 lalu pilih jenis design yang Anda inginkan lalu akhiri dengan Apply.   

10.  MENYISIPKAN FOTO/GAMBAR PRIBADI UNTUK BACKGROUNDUntuk menampilakan foto/gambar pribadi sebagai background langkahnya adalah :
a.        Pilih Menu Format, lalu pilih Background.
b.        Maka akan muncul seperti gambar di samping
c.        Klik pada panah bawah lalu pilih Fill Effect
d.        Setelah itu pilih tab Picture, lalu klik Select Picture dan pilihlah gambar yang diinginkan, lalu klik OK.
e.        Lalu beri tanda  þ  pada Omit background graphics from master
f.         Lalu Klik Apply untuk menampilkan hasilnya hanya pada slide yang aktif saja atau Aplly to All untuk semua slide. 

11.  MEMBUAT ANIMASI
Untuk membuat animasi langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.        Pilih menu Slide Show
b.        Klik Custom Animation
c.        Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :
  
d.        Pada Order & Timing pilih start animation yang dinginkan, apakah akan tampil apabila kita tekan klik mouse atau kita pilih otomatis tampil sendiri (tentukan waktu animasi akan tampil) 
e.        Pada Effects, aturlah jenis animasi yang diinginkan, Sound, dan tampilan teks yang dinginkan.
f.         Untuk melihat contoh hasil animasi yang sudah kita pilih, maka klik Preview.
g.        Kalau semua sudah sesuai dengan keinginan kita, lalu klik OK. 

12.  MENAMPILKAN HASIL
Untuk menampilkan hasil dari powerpoint yang telah kita:
a.        Pilih menu Slide Show, lalu klik Slide Show
b.        Atau langsung tekan tombol F5, maka akan muncul tampilan satu layar penuh.
 
c.        Maka akan muncul tampilan sebenarnya lengkap dengan animasi sesuai dengan yang telah kita buat tadi.
d.        Untuk menuju ke slide selanjutnya tinggal kita tekan klik pada mouse, atau tekan panah bawah.
e.        Tetapi apabila kita menginginkan masuk ke slide yang tidak urut / acak, maka kita letakkan mouse di sebelah kiri bawah, maka akan muncul seperti gambar di atas. Lalu kita klik pada panah atas, kita pilih GO, lalu klik By Title, setelah itu akan muncul judul tiap-tiap slide, tinggal kita klik slide yang akan kita tuju.
f.         Untuk kembali ke layar pengetikan / Editing, tinggal kita tekan ESC pada keyboard. 

13.  MENYEMBUNYIKAN SLIDE
Ketika Anda merencanakan sebuah presentasi, Anda mencoba mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan atau hal lain yang mungkin timbul. Anda perlu siap memberikan tanggapan dan memiliki sllide-slide untuk mendukung jawaban Anda. Anda dapat membuat slide tersebut tersembunyi sampai Anda memerlukannya. Slide tersembunyi dapat dilihat di semua tampilan kecuali Slide Show. Ketika mencetak sebuah presentasi, secara default slide tersembunyi akan dicetak, kecuali jika Anda tidak menginginkan. Lakukan langkah berikut untuk menyembunyikan slide :
a.        Pilih slide yang akan disembunyikan.
b.        Pilih menu Slide Show, lalu pilih Hide Slide. Apabila Anda tampilkan dengan slide show maka slide yang Anda buat ini tidak akan tampil.
c.        Untuk menampilkan kembali slide yang tersembunyi, pilih slide yang tersembunyi tadi, kemudian Menu Slide Show, lalu klik Hide Slide. 

14.  MENCETAK SLIDE
Untuk mencetak hasil slide yang kita buat, langkahnya seperti mencetak pada program Ms. Word maupun Excel. Langkahnya adalah :
a.       Pilih Menu File, Print
b.      Maka akan muncul tampilan print:
c.       Untuk hasil cetakan dalam satu halaman berisi lebih dari satu slide maka pada Print What pilih Handouts, maka pada Handouts sebelah kanan akan aktif, lalu pilih jumlah slide tiap halaman pada Slide Per Page. Setelah itu tentukan apakah hasilnya nanti tampil vertikal ataukan horisontal.
d.      Setelah semua selesai klik OK.

0 komentar:

Poskan Komentar

Sample Text

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Labels

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts